Thursday, September 6, 2012

Egg Tart / Pie Susu


Penampakan cemilan manis yang satu ini emang seperti Pie yang salah satu jenis pastry dish. Yang saya tau, pie adalah makanan asli dari Eropa sana. Tapi ternyata pas baca di wiki, Pie  ini awal mula kemunculannya ternyata dari Egypt, hingga selanjutnya karena transfer pengetahuan, ahli sejarah percaya kalau pie pastry itu berasal dari Yunani. Lucunya lagi pas saya  buka wiki tentang Egg Tart yang saya buat ini, ternyata pertama kali diperkenalkan di Hong Kong tahun 1940. Salah satu teori menganggap, Egg Tart ini salah satu makanan yg di adopsi Hong Kong dari makanan Inggris yang koloninya ada disana. Teori lain bilang kalau Egg Tart ini mirip dengan makanan Portugis yang disebut Pastel de Nata, yang dibawa ke Hong Kong oleh koloni Portugis yang ada di Macau.

Hahh, udah dulu belajar sejarahnya, smoga saya gak salah nangkep karna baca dari wiki berbahasa inggris, hihi. Nah, skrg resepnya seperti biasa hasil saya browsing sana-sini sambil lirik persediaan bahan yang ada di rumah. Yang ada modifikasi banget. Kulit pienya saya adopsi dari blognya Mbak Hesti, kalau filling custardnya saya kira-kira aja, ngikut bahan yg ada di rumah :p

Resep Egg Tart atau Pie Susu

Bahan-bahan
Kulit Pie
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram margarine
  • 50 gram gula halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 kuning telur
  • 3 sendok air dingin
Filling Custard
  • 200 ml susu cair UHT
  • 3 buah telur utuh
  • 75 gram gula pasir
  • sedikit bubuk vanili
Cara Membuat 
  1. Kulit Pie : Campur terigu, gula, garam hingga rata. Tambahkan margarine. Aduk pakai garpu hingga terbentuk butiran-butiran. Tambahkan telur, aduk rata. Lalu tambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga rata. Jangan diuleni karna nanti adonan pie akan keras. Simpan di kulkas 15-20 menit.
  2. Filling Custard : campur semua bahan, aduk hingga rata. Lalu saring 4 kali.
  3. Ambil bahan kulit, lalu digiling tipis. Potong bulat, lalu tampelkan di cetakan pie. 
  4. Tuang isian, tapi jangan sampai penuh.
  5. Panaskan oven, lalu panggang pie hingga kulitnya keemasan dan isiannya sudah matang.

2 comments:

  1. mantap mbak penjelasannya, btw saya paling suka ngeliat potonya, keren abisss. Fotografer ya?

    sekarang saya jadi tau sejarahnya pie susu, ga sekedar jualan aja hihi..

    ReplyDelete
  2. Hallo bunda, salam kenal. Bun resep pienya sudah saya praktekkan dan suksesss bingit. Makasih ya bunda untuk resepnya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena