Wednesday, October 3, 2012

Belanja Halal

Wowowo, agak gmana gak sih judulnya? Hehe. Cuma mau sharing aja abis belanja di hipermarket hari Sabtu yang lalu. Maklum tinggal di kota kecil, jadinya  begitu ke kota besar jadinya pengen beli segala, hahaha. Nah sejak follow twitternya Halal Corner, saya udah mulai hati-hati kalau belanja makanan, minuman atau bahan pangan. Pastikan di kemasannya ada logo sertifikat halal dari LPPOM MUI kalau produk tersebut buatan lokal Indonesia. Sedangkan kalau makanan impor, ada beberapa logo sertifikasi halal dari luar negeri yang sudah diakui oleh LPPOM MUI.

Sebetulnya kita juga bisa liat produk lokal apa aja yang sudah bersertifikasi halal di website LPPOM MUI, disana bisa search atau download langsung daftarnya. Kalau saya lebih suka ambil simpelnya, cari aja logo sertifikasi halal LPPOM MUI langsung di kemasan produknya, heuheu. Sebagai muslim makanan dan minuman yang masuk ke perut kita haruslah halal dan thoyib. Ngeri juga loh setelah baca-baca twitternya Halal Corner itu, banyak banget pangan yang bahan-bahannya berasal dari babi. Hewan yang satu itu memang bisa digunakan seluruh bagian badannya, salah satunya ya jelas untuk bahan pangan. So, sebagai muslim kita harus cermat sekali untuk masalah ini.


Disclaimer nih ya, saya gak dibayar atau promosi nyebutin bahan-bahan yang saya tahu sudah bersertifikasi halal LPPOM MUI. Cuma mau sharing aja, kita sangat bisa kok bikin makanan yang enak dan halal, salah satunya ya pakai bahan pangan yang sudah bersertifikasi halal. Oh iya, serifikasi halal ini juga ada jangka waktunya juga loh. Nah, dibawah ini beberapa produk bahan pangan yang umum dipakai ibu-ibu masak/bikin kue dan saat ini sudah bersertifikasi halal (SH MUI). Kalau ada yang tau produk lainnya, share ya.. Saya cuma nulis jenis produk yang saya tau.

  • Butter. Yak, akhirnya saya bisa punya stok butter lagi, hehe. Ada banyak produk butter di pasaran, beberapa produk impor. Tapi sejauh ini butter yang saya tau sudah ada SH MUI itu butter merk Orchid, baik yang salted (merah) ataupun unsalted (biru).
  • Margarine. Produk ini udah banyak yang ada SH MUI, mungkin karna mostly produksi dalam negri kali ya, jadi sudah disertifikasi halal. Contohnya Blue Band, Filma, Forvita, dll.
  • Coklat Bubuk yang pernah saya beli dan sudah berSH yaitu Bendico dan BT Cocoa Java.
  • Maizena, ada Maizenaku dan Haan.
  • Minyak Wijen/Sesame Oil yang saya tau sudah berSH yaitu merk ABC.
  • Keju Cheddar. Ada beberapa pilihan, Kraft dan ProChiz.
  • Mozarella. Nah, harus hati-hati nih. Saya belum nemu mozarella yang sudah SH MUI. Salah satu alternatif kalau mau pake keju yang cepat meleleh, bisa pake Kraft Quick Melt.
  • Cream Cheese yang sudah berSH MUI itu merk Calf, Cheesy dan Yummy. Untuk produk kejunya Yummy ini beragam jenisnya. Ada ricotta, mascarpone, goat cheese dan lain-lain.
  • Sour Cream ada merk Yummy.
  • Whipping Cream. Sejauh ini yang saya tau sudah halal itu yang masih berbentuk bubuk merk Haan. Yang cair saya belum nemu yang sudah berSH.
  • Tepung terigu produksi Bogasari sudah berSH, baik yang protein rendah, sedang maupun tinggi.
Wah sebenernya masih banyak lagi produk yang sudah bersertifikasi halal, saya gak hapal satu-satu. Bukan berarti yang belum bersertifikasi halal itu gak halal ya, tapi daripada ragu lebih baik kita pakai produk yang sudah jelas aja. Untuk produk lainnya bisa dicari di web LPPOM MUI. Selain bahan pangan, banyak juga loh produk yang sudah berSH, seperti kosmetik dan obat. Yuk mulai dari sekarang kita mulai cermat dalam memilih bahan pangan yang halal, sebelum membeli cari dan lihat logo SH MUI dikemasannya :)

1 comments:

  1. Terima kasih infonya mbak.
    Oh iya, mozarella Greenfields udah ber-SH halal mbak ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena