Friday, September 14, 2012

Crème Brûlée

Hiyaaa, lagi-lagi karna dulu nonton MasterChef, saya jadi penasaran kaya gmana sih Creme Brulee itu hihi.. namanya sekseeh banget pula. Akhirnya buletin tekad pengen coba bikin. Saya nemu video proses bikin Creme Brulee dari webnya Fimeladotkom dan kebayang teksturnya itu dari videonya Gordon Ramsay di YouTube. Dari webnya Fimela saya jadi tau kalau bahan dasarnya Creme Brulee itu adalah Creme Anglaise, yang juga bisa dibuat jadi Creme Caramel. Wah, jadi semangat nih, bisa bikin dua dessert dari satu resep dasar. Browsing sana-sini, mostly pada pake cream buat bahannya, dsini mana ada :( Akhirnya saya mention chef Rinrin Marinka aja di twitter dan ktnya pada umumnya sih bahan anglaise itu pake susu. Oke, semangat saya balik lagi, hehe.

Rabu malem langsung deh ke minimarket cari susu cair, pas banget lagi promo susu cair gambar bendera, beli 2 kotak ukuran seliter cuma 19.900 aja, langsung semangat haha (emak2 modis, modal diskon). Trus besoknya hari kamis pagi saya ke Kopena beli telur 1 kg, pdhl biasanya cuma setengah kg, itu pun bs abis bbrp hari hihi. Browsing2 lagi, kebingungan lagi deh pake resep yang mana, akhirnya seperti biasa, feeling sodara2!! Tapi sempet nemu masukan di milis NCC, kalau mau bikin creme brulee, minimal utk 1 liter susu pake 9 kuning telur, akhirnya saya mutusin pake 500 ml susu dan 5 kuning telor. So, ini resep creme brulee ala saya :


Resep Crème Brûlée
Bahan
  • 500 ml susu cair
  • 5 buah kuning telur
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • tambahan gula pasir dan gula palem untuk topping permukaan.
Cara Membuat
  • Panaskan susu cair dan vanila sampai mendidih
  • Aduk kuning telur dan gula pasir di mangkok sampai rata
  • Masukkan sedikit cairan susu ke campuran telur, aduk rata. 
  • Lalu masukkan campuran telur dan susu kembali ke cairan susu, masak dan aduk2 kurang lebih 5 menit sampai agak kental. jaga jangan sampai mendidih.
  • Masukkan campuran tersebut, (atau bisa juga disebut Creme Anglaise) ke dalam ramekin.
  • Dinginkan dulu sampai panasnya hilang, lalu masukkan ke dalam kulkas minimal 6 jam
  • Sebelum disajikan, taburi atasnya dengan gula. Lalu bakar dengan blow torch sampai atasnya kecoklatan membentuk karamel.
Saya ga punya blow torch dan kebetulan nemu di web resepnya Keluarga Nugraha kalo utk toppingnya bisa diakalin, bikin karamel sendiri trus dituangin ke atasnya. Saya ikutin deh :D Trus saya akalin lagi, saya taburin juga gula palem, saya bakar pake pemantik kompor, hahaha. So far, lumayan sih buat percobaan pertama, pastii nanti bakal coba lagiii :P

1 comments:

  1. Ga pake whipped cream ya mbak? Dimana-mana kok kayaknya harus pake whipped cream yang heavy. Btw, makasih infonya.. segera dicoba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena