Friday, September 21, 2012

My First Trial Baking the Bread : Coffee Bun

Hohoho perdana bikin roti nih. Sebelumnya masih bingung pengen bikin roti tapi belum nemu resep yg simpel, hampir semua resep yg saya dapet pada pake bread improver, yg mana saya ga tau itu apa, gmana bentuknya dan harus beli dimana, hahaha. Nah,gara-gara Donath bilang pengen bikin Coffee Bun, jadi tergoda juga deh. Roti ini ada beberapa sebutan, selain Coffee Bun ada juga yang bilang Mexican Bun atau Roti Polo. Setelah saya browsing sana-sini akhirnya nemu satu resep yang ga pake bread improver itu, akhirnya saya coba bikin. Resepnya saya dapet dari Kitchen Corner, bahasa inggris euy blognya, sempet agak bingung nerjemahinnya, hihi. Resepnya langsung liat di blog itu aja yaa, saya cuma pengen posting perdana saya bikin roti, hahay.


Saya coba bikin mirip sama resepnya, tapi tetep aja gak bisa plek persis. Apa daya timbangan saya masih yang manual, padahal di resep itu bahannya ada yg beratnya 38g, 3g, 4g, aduuhhhhh. Trus masih dengan masalah saya yang lama, saya gak pake butter hihi, masih blm nemu nih di Prabumulih harus beli dimana. Saya jadinya pake Blue B*nd Cake n Cookies, margarin yg diklaim punya aroma kaya butter.

Pas bikin saya bingung, kalisnya tuh gmana ya, hihi. Akhirnya saya ngikutin resep aja dimixer 30 menit dengan speed 2, padahal beda mixer pasti beda hasil, wkwkwk. Yah pokonya saya berusaha deh ikutin resepnya. So far, belum ada kesulitan pas bikin filling, topping sama doughnya (selain takarannya loh ya). Mulailah pas ngolesin toppingnya rada susah, soalnya kan abis dikeluarin dari kulkas, jd msh agak keras toppingnya, tapi akhirnya berhasil juga. Nahhh, saya gak tau kl toppingnya tuh bakal meleleh lumayan drastis pas di oven, mana saya ngolesinnya tebel. Jadi pas di oven, mbleber kemana-mana. Apa karna saya pake margarin ya jadinya ngaruh? Hmmm.

Nah, setelah dibaking selama 12 menit itu, kok rotinya masih pucet ya, toppingnya juga masih basah dan gak gitu ngembang bulet kaya roti boy. Akhirnya saya tambahin waktu bakingnya plus ditambah api atas juga biar toppingnya kering. Tapi hasilnya tetep pucet. Kalau dari tekstur pas digigit, lumayan lahh berwujud roti yang sebenarnya. Saya sempet khawatir ga bakalan jadi roti, karna warnanya yg pucet itu, haha. Eh ternyata si topping setelah ditambah waktu bakingnya bs mengeras pas mulai dingin.

Hmm, so far lumayan puas bisa bikin roti yg pertama kali ini walau saya anggep gagal karna jauh banget sama rotiboy. Tapi setidaknya kan berhasil jadi roti, hihihi. Besok mau coba lagi ahh bikin roti-roti yg lain. Penasaran pengen coba bikin yang pake metoda water roux, smoga gak ribet banget hihi. Pengen coba bikin pizza sama roti tawar jugaaa. Banyak pengennya nih, hihi. Semangaaaaat!!

2 comments:

  1. Aciiii....lom bisa ketemu di dunya, gpp deh ketemunya di dumay dolo haha. Miss u. Bangga euy, punya sepupu mau blajar masak, mbakyumu ini tinggal nyicip yaaa :D

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. iya nih, mbak Tika pindah jakarta aku malah pindah ke prabumulih.. ntar kapan2 aku mampir bintaro yaa, gak jauh kynya dari rumahku di cipondoh. Nyicipnya ksini aja mbaak :p

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena