Thursday, September 27, 2012

Garang Asem Ayam

Dulu waktu masih kerja di Bandung saya lumayan sering makan Garang Asem di kantin belakang kantor, nama penjualnya mbak Maya. Saya sempet nanya resepnya, tapi gak dicatet karna dulu belum akrab sama dapur :p Seperti biasa browsing-browsinglah saya cari resepnya. Ternyata umumnya ada dua jenis Garang Asem, ada yang pake santen dan ada yang enggak. Trus ada yang masaknya dibungkus daun pisang, ada juga yang dimasak tumis biasa tanpa daun pisang. Kalau daerah asal resepnya ada beberapa daerah, saya ampe lupa hihi. Yaudah deh berbekal resep hasil browsingan, saya beli daun pisang dan kelapa parut buat santannya.

Nah, karna kangen sama Garang Asemnya mbak Maya, saya smslah beliau minta resepnya. Ternyata yang biasa dia bikin gak pake santen, hadeuh. Jadilah waktu pertama bikin tempo hari, saya gak pake resepnya Mbak Maya tapi pake resep yang ada santennya. Ternyata saya gak jago bungkus garang asem pake daun pisang, santennya bocor dan tumpah kemana-mana yang berakibat rasanya kurang sedep, heuheuheu. Yaudah, kemarin saya coba bikin lagi dengan resepnya mbak Maya, gak pake santen tapi pakenya telor kocok. Oia, ini isi sms resep dari mbak Maya :
ayam drebus,mau ayam utuh/dsuir selera y..bwng pth 4siung,bwng merah 3siung,tomat,cabe,daun jrk smua d iris2..daun salam,sereh iris 3cm,telor 1btr dkocok tmbh garam,gula pasir..tomat potong2..daun rangkap 2 dbakar..carany,daun salam,jeruk,sereh su2n d dlm daun,lalu bwng pth,bwg mrh,cabe,tomat,baru ayam,tmbh lg sisa bwg pth,mrh,cabe,tomat baru dsiram telor,bngkus,ku2s 45mnt
Dan yakk seperti biasa ada aja yang bikin saya masak gak persis sama dengan resepnya. Telor yang ada dirumah tinggal tiga, selain itu di resep mbak Maya gak jelas berapa banyak ayam yang dipake. Jadilahhh saya masak Garang Asemnya ditambah bumbu feeling, hihi. Oia, saya juga ganti tomatnya pake belimbing sayur dan daun pisangnya gak saya bakar dulu. Bahan-bahan dibawah ini saya bikin menjadi empat bungkus Garang Asam,  supaya makannya per bungkus aja jadinya rapi. Bisa aja sih bikinnya di dalam satu bungkus daun pisang.


Resep Garang Asem Suwir
Bahan
  • 1/2 ekor ayam 
  • 8 siung bawang putih, diiris lalu dibagi empat
  • 8 siung bawang merah, diiris lalu dibagi empat
  • 2 buah cabe rawit, diiris lalu dibagi empat
  • Sereh bagian putihnya dipotong 3 cm, sebanyak 4 buah
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk iris tipis
  • 8 buah belimbing sayur, diiris lalu dibagi empat
  • 3 butir telur kocok yang dibumbui garam dan gula pasir
  • Daun pisang
Cara Membuat
  • Ayam direbus dibumbuin sedikit garam, lalu disuwir-suwir, dibagi empat.
  • Siapkan daun pisang, lalu susun daun salam, sereh, daun jeruk, sebagian bawang putih, sebagian bawang merah, cabe rawit, belimbing wuluh.
  • Taruh suwiran daging ayam, lalu tambah lagi sebagian bawang merah dan bawang putihnya.
  • Siram dengan telur kocok, lalu bungkus rapat.
  • Selesaikan membungkus sisa ayam hingga menjadi empat bungkus daun pisang
  • Kukus selama 45 menit.

3 comments:

  1. Mbak Arsi rajin masak... AKu pengen nyontek resepnya ini, ngumpulin niat dulu :p

    ReplyDelete
  2. Kalo gak masak ntar gak makan mbak Ika, hihi.. Lagian sekalian belajar, maklum newbie :P

    ReplyDelete
  3. mbak, bisa gak kalo blimbing wuluhnya ditiadakan? diganti asam jawa atau air jeruk nipis begitu? :')

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena