Thursday, November 15, 2012

NCC Breadweek : My First Croissant

Akhirnyaaa event yang ditunggu setelah sekitar dua bulan join milis Natural Cooking Club (NCC) dataang jugaa :D Sebenernya pas join milis, lagi happening NCC Rainbow Week. Tapi berhubung masih baru banget rajin ke dapur dan gak punya pewarna makanan, saya gak ikutan. Paass banget kebetulan waktu saya lagi coba bikin roti ala water roux, munculah event NCC Breadweek ini. Udah semangat mau foto-foto bikin laporan, ternyata gak pas momentnya. Jadi selesai baking itu udah malem, cahaya gak oke dan rotinya udah dioper ke tetangga kiri kanan biar ikutan nyoba. Trus pas sisa adonannya saya buat roti kepang coklat, saya lupa matiin api atas, jadi atasnya gosong, huhuhu. Tadinya bertekad besoknya mau bikin roti tawar pake sisa water rouxnya, tapi ada ajaa alesan gak jadinya.

Pas buka-buka FAQ di blog NCC Breadweek, ternyata croissant termasuk salah satu pastry keluarga roti juga, mungkin karna bikinnya pake ragi kali yaa (nebak doang :P) Kebetulan bulan kemarin saya sempet beli korsvet dan emang lagi penasaran bikin pastry selain choux, yaudah deh untuk ikutan NCC Breadweek diputuskan saya mau coba bikin croissant aja :D

Croissant ini pastry yang terkenal dari Perancis. Kenapa disebut croissant, karena bentuknya yang seperti bulan sabit (crescent). Waduh tapi saya bikin croissantnya gak dilengkungin kaya bulan sabit, hihi. Browsing sana-sini, akhirnya diputuskan pake resepnya bu Fatmah Bahalwan yang ada di blognya Ci Shirley. Nah, berhubung cuma punya korsvet 250 gram dan ini edisi perdana saya bikin pastry, karna takut gagal jadinya saya bikin seperempat resepnya aja, soalnya saya juga pengen coba bikin filo pastry, jadi korsvetnya dibagi dua deh :P Untuk isiannya saya pake Kraft Filling Cheese aja yg ada di rumah. Oh ya, untuk muslim pastikan beli korsvet yang halal, jangan ragu tanya tokonya karna biasanya korsvet udh dikemas ulang per 250gram tanpa merk. Kemarin ini kata mbak di tokonya, korsvetnya merk Gold Bulliion dan sudah halal. So, ini resep croissantnya, kalau kemarin saya bikin seperempat resep dari resep asli di bawah ini.


Resep Croissant
Sumber : Resep Ibu Fatmah di blog Dapur Solia Ci Shirley

Bahan-bahan
  • 750 gram  Tepung terigu protein tinggi
  • 250 gram  Tepung terigu protein sedang
  • 15 gram  Ragi instan (untuk seperempat resep, saya pake 1 tsp ragi)
  • 15 gram  Garam
  • 80 gram  Gula
  • 2 gram  Bread improver (saya gak pake)
  • 480 gram  Air es (ditimbang, bukan pakai gelas ukur)
  • 50 gram  Margarin
  • 500 gram  Korsvet / pastry margarine
  • Kuning telur untuk olesan.
Cara Membuat
  • Gilas korsvet berbentuk memanjang, dibantu dengan dua lembar plastik agar tidak lengket. Masukkan ke freezer.
  • Aduk tepung terigu, ragi instan, gula, hingga rata. Tuangi air es, uleni hingga rata, masukkan margarin dan garam. Uleni hingga setengah kalis.
  • Bulatkan adonan, taruh dalam wadah tertutup lalu istirahatkan dalam freezer selama 20 menit.
  • Proses melipat single: Taburi meja kerja dengan sedikit saja tepung. Gilas adonan memanjang, lalu taruh korsvet ditengahnya, tutup korsvet dengan melipat adonan di kiri dan kanan yang tidak tertutup korsvet, lalu taruh di freezer selama 20 menit.
  • Gilas adonan, lalu ulangi proses melipat single dua kali lagi. Jadi melipat single dilakukan tiga kali.
  • Proses melipat double : gilas adonan memanjang, lalu bayangkan adonan terbagi empat memanjang. Lipat kedalam dua bagian luar adonan, lalu lipatan tersebut dilipat lagi  kedalam (seperti menutup buku). Taruh di freezer 20 menit. Contoh lipat melipat bisa dilihat di blog Just Try and Taste.
  • Terakhir, gilas tipis adonan, lalu potong-potong bentuk segitiga sama kaki. Gulung segitiga dari sisi yang lebar, contohnya bisa dilihat di video ini. Kalau mau dikasih isian, bisa dilakukan di step ini.
  • Setelah selesai digulung, istirahatkan/fermentasikan adonan 30-40 menit. Olesi dengan kuning telur, sambil panaskan oven.
  • Panggang dengan suhu 200C selama 15 menit, lalu turunkan suhu menjadi 150C dan panggang selama 25 menit.

Nah, kemarin malam itu pas selesai giles lipet adonan, udah keburu kemaleman kalau langsung dibaking. Sempet pengen maksain baking sih, tapi ya udah kenyang juga, trus kalau langsung difoto cahayanya kurang oke. Akhirnya saya beraniin diri buat naro adonannya di freezer, heuheu. Tadi pagi pas saya buka freezer, ternyata adonannya udah keras (yaiyalahh beku :p) Sempet deg-degan juga khawatir bakal gagal dibake. Tapi alhamdulillah ternyata lancar jaya juga, hihi. Selesai dibaking langsung deh kirim sebelah kiri kanan mumpung anget.

Sempet agak-agak speechless gmana gitu ternyata croissantnya bisa ngembang dan hasilnya gak mengecewakan. Ternyata saya bisa jugaaa bikinnya, hihihi. Tantangannya emang pas giles lipet adonan, khawatir bocor korsvetnya, trus takut salah lipet hehe. Tapi alhamdulillah semua terlewati juga, jadinya skrg udah gak takut lagi mau bikin pastry, hohoho.

Bon appétit !!! :)

update :
yeaaiyy dapet juga badgenyaa :D my first NCC's event nih.. hihihi

4 comments:

  1. waahh..enak bangeett, di sini banyak yang jual, jadi males bikin hehhe...

    ReplyDelete
  2. Donath : wkwkkw keburu jamuran klo nyampe banyu biru :p
    mbak Erika : dsinii justru belum nemu ada yang jual, jadi bikinn sendiri mbaak hihihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena