Wednesday, October 17, 2012

Carrot Cheese Cupcake

Sebenernya saya gak sengaja nih bikin cupcake ini. Ceritanya saya mau bikin macaron, udah inepin telur putih semaleman di kulkas plus udah dikeluarin sampai mencapai suhu ruang. Tapi waktu putih telurnya dikocok untuk jadi meringue, ternyata gak ngembang gak tau kenapa, hiks hiks. Saya emang masih belom lancar nih bikin meringue. Nah, sayang kan putih telurnya gak kepake, jadilah saya bingung mau dibikin apa. Akhirnya saya mutusin aja coba bikin si cupcake ini, kebetulan udah ngesave folder resep-resep cupcake di aplikasi MasakApa. Pilihan jatuh ke Carrot Cheese Cupcake ini. Sebenernya saya bikinnya juga gak sama persis dengan resepnya, sebagai gambarannya saya copy pastein aja ya resepnya.


Resep Carrot Cheese Cupcake
Sumber : detikFood

Bahan:
100 g mentega
125 g cream cheese (saya pake Kraft Filling Cheese)
100 gula pasir (saya lupa tau pake berapa, soalnya inget si putih telur udah dikocok sama gula :p)
2 butir telur ayam (saya pake 1 butir telur ayam utuh plus 3 putih telur yg udah diinepin semalem dan udah dikocok pake gula halus)
100 g wortel parut, peras (saya pake 80 gram wortel, soalnya kebetulan berat 1 wortelnya segitu, tanggung klo mau ditambah :p)
Ayak jadi satu:
100 g tepung terigu
½ sdt baking powder
½ sdt soda kue (saya gak pake)

Cara membuat:
  • Kocok mentega dan cream cheese bersama gula hingga lembut.
  • Tambahkan telur satu persatu sambil kocok hingga rata.
  • Masukkan campuran terigu, aduk rata.
  • Tambahakn wortel, aduk rata.
  • Tuang ke dalam 6 buah mangkuk cupcake. (saya jadinya 6 buah cupcake)
  • Panggang dalam oven panas 180 C selama 40 menit.
  • Angkat dan sajikan hangat.
Untuk lapisan icingnya tadinya saya mau bikin buttercream, tapi karna belom pernah bikin kok sayang ya kalau pake butter, khawatir gagal soalnya, hahaha. Akhirnya pake campuran margarine + gula halus + susu bubuk fullcream + air, yang ukurannya pun dikira-kira, wkwkkw. Yang jelas minimal takaran gula halusnya itu dua kali berat si margarin (hasil nyimpulin dari resep-resep buttercream di internet). Alhamdulillah sih ya lumayan juga rasanya, manis creamy dan gak kerasa margarine nya, hihii.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena