Friday, November 9, 2012

Soto Daging

Kenapa saya bikin soto dagiiing? Jadi ceritanya diawali dengan kedatangan semangkuk besar lontong kari dari tetangga sebelah kiri dipagi hari. Alhamdulillah yah sesuatu, dapet sarapan anget, enak, banyak dipagi hari dan gratiss!! Tapi yang bikin galau itu.. mangkoknya gede heuheu. Bukan, bukan berarti saya kopet, tapi saya bingung mau masak apa, huhu.. Nampak gak pede deh kalo ngasih masakan ke tetangga sebelah kiri yang nota bene ibu-ibu dan nota bene lagi pengalaman masaknya puluhan tahun. Kalau misal ngasih cake coklat eggless sih saya pede2 aja, hihi.. Tapi masa iya ngasih cake pake mangkok sayur??

Akhirnya diputuskanlah bikin lagi Soto Dagingnya detikFood, saya pernah bikin dan rasanya enaak hihi... Tapi waktu itu saya bikinnya sengaja gak pake kunyit, jadi dikira suami itu Sop Daging -_-' Jadilah kemarin saya bikinnya pake kunyit sesuai resep aslinya, tapi kok hasil yg saya masak kuning banget ya? Wkwkwk.. Oia, ini resepnya udah agak beda sedikit ya dari aslinya.


Resep Soto Daging
Sumber : detikFood

Bahan:
750 g daging sapi
2,5 liter air
3 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 sdm minyak sayur

Bumbu halus:
9 butir kemiri
12 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
merica bubuk
garam

Pelengkap:
tauge pendek, siram air panas, tiriskan
soun, direbus lalu tiriskan
daun bawang iris 
bawang merah goreng

Cara membuat:
  • Rebus daging sapi hingga lunak. Lalu potong kecil-kecil.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk rata.
  • Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu berisi daging, didihkan kembali beberapa saat hingga dagingnya benar-benar empuk.
  • Taruh soun dimangkok, lalu taburi atasnya dengan tauge. Siram dengan kuah dan daging, lalu taburi atasnya dengan daun bawang dan bawang goreng.
Dimakan pas masih anget, sore-sore abis ujan beuuhh maknyuss.. hihihi..

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

© dapurnya aci, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena